BBKSDA SUMATERA UTARA

ROAD TO HKAN 2019 : FIELDTRIP UMSU DI TWA SIBOLANGIT

umsu.PNG
Mahasiwa/i  UMSU di TWA Sibolangit

Sibolangit, 11 Juli 2019

Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019 yang jatuh tanggal 10 Agustus setiap tahunnya,  gema  dan gaungnya sudah dimulai di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara. Road to HKAN ini diawali dengan Kunjungan Wisata Ekoling (Edukasi Konservasi Dan Lingkungan) Fieldtrip Mahasiswa/i Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Fakultas Pertanian di TWA Sibolangit pada hari Sabtu, 6 Juli 2019.

Mahasiswa UMSU (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) sebanyak 259 orang didampingi 16 dosen pembimbing, disambut langsung oleh Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP.  Agenda acara yang disuguhkan adalah ucapan selamat datang sekaligus perkenalan, informasi  kawasan konservasi TWA Sibolangit serta penyerahan kenang-kenangan dari UMSU ke BBKSDA Sumut yang diserahkan langsung pimpinan rombongan (Wakil Dekan III UMSU Fakultas Pertanian), Muhammad Thamrin, SP, M.Si. kepada Kepala Resort CA/TWA Sibolangit mewakili Balai Besar KSDA Sumatera Utara.  Sebelum kegiatan Fieldtrip dimulai seluruh dosen dan mahasiswa/i membuat video untuk Ucapan Semangat Hari Konservasi Alam Nasional 2019  dengan  mengucapkan :

Selamat Hari Konservasi Alam Nasional 2019 # Konservasi adalah langkah bijak dan rasional untuk mengelola Sumber Daya Alam kita. Untuk itu diperlukan kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras dan kerja pasrah dalam implementasinya # Dengan “Spirit Konservasi Alam Milenial” Kita jadikan Konservasi Alam sebagai Sikap Hidup dan Budaya Kita. Mari Lestarikan Alam Kita # Salam Konservasi # HU HA # HU HA # HU HA .

Ucapan Semangat HKAN diarahkan oleh Kepala Resort CA/TWA Sibolangit di depan halaman parkir TWA Sibolangit dan di dalam kawasan tepatnya dibawah pohon raja (Koompassia excelsa). Selanjtnya adalah Fieldtrip yang dibagi empat kelompok besar berjumlah 64-65 orang perkelompok dipandu Kepala Resort beserta staf resort dengan jelajah kawasan pada jalur interpretasi A,B dan C.  Setiap kelompok melakukan identifikasi berbagai Jenis tumbuhan sepanjang jalur interpretasi dimulai dari nama tumbuhan, perkiraan umur tumbuhan, diameter pohon,  klasifikasi serta fungsi dan manfaat tumbuhan bagi  manusia dan lingkungan.

Usai menjelajahi kawasan dilanjutkan kuis Konservasi bagi peserta fieldtrip. Kuis dipimpin Kepala Resort bagi yang berhasil menjawab, diberikan hadiah berupa satu set buku konservasi, stiker, buletin beo nias dan video kawasan konservasi. Sebelum kegiatan berakhir pihak UMSU kembali menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola TWA Sibolangit atas penerimaan dan pelayanan selama kunjungan serta komitmen UMSU untuk berperan aktif di kegiatan konservasi alam. Sebagai ucapan terimakasih Kepala Resort CA/TWA Sibolangit menyerahkan satu set buku konservasi, stiker, buletin beo nias, video kawasan konservasi. (Samuel Siahaan/Peh Pertama BBKSDA Sumut.

%d blogger menyukai ini: