BBKSDA SUMATERA UTARA

Tim Gabungan Padamkan Si Jago Merah Yang Melalap Kawasan TWA Sungai Dumai

27

Pekanbaru, 2 April 2022 – Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai tepatnya di Kel. Mundam, Kec.Medang Kampai, Kota Dumai kembali mengalami kebakaran. Dari Senin hingga Jumat, 28 Maret s.d. 31 Maret 2022, Tim gabungan yang terdiri dari Balai Besar KSDA Riau (Resort Dumai), Manggala Agni Sumatera V/Dumai, TNI/kodim0320/Koramil 01/Bhabinsa, Polri/Polsek/Babinkamtipnas, BPBD Kota Dumai dan masyarakat setempat turut melakukan upaya pemadaman.

Jenis tanah gambut dan vegetasi terbakar yang berupa semak belukar, sawit dan ilalang membuat api cepat menjalar. Tim gabungan cukup kerepotan walaupun sumber air tersedia sehingga luas yang terbakar sekitar 20 Ha.

11

Hingga saat ini masih terus dilakukan upaya pemadaman di lokasi dengan melakukan penyisiran kepala api guna mencegah kebakaran semakin meluas. Kebakaran sudah mengarah ke lokasi pemulihan ekosistem) lebih kurang 100 meter. Hingga tanggal 31 Maret 2022, upaya pemadaman masih terkendali. Kondisi lokasi masih berasap, sesekali muncul bara api disebabkan tiupan angin.

Tim akan melanjutkan upaya pendinginan pada lokasi yang telah dipadamkan dan pemadaman pada  titik api yang diketahui belum padam.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

%d blogger menyukai ini: