BBKSDA SUMATERA UTARA

Rimbawan TN Bukit Tiga Puluh Belajar Penanganan Konflik Tenurial di Balai Besar KSDA Sumatera Utara

33 Tim TN. Bukit Tiga Puluh menelusuri kawasan SM. Karanggading Langkat Timur Laut

Langkat 1 April 2022. Balai Besar KSDA Sumatera Utara kedatangan tamu rekan sejawat rimbawan dari Balai Taman Nasional (TN) Bukit Tiga Puluh, pada Selasa 29 Maret 2022. Maksud dari kunjungan ini adalah untuk Benchmarking pembelajaran lapangan penanganan Konflik Tenurial di kawasan konservasi SM. Karang Gading Langkat Timur Laut.

Di awal kunjungan Tim Balai TN. Bukit Tiga Puluh diberikan pembekalan informasi, masing-masing oleh Mustafa Imran Lubis, S.P., Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, tentang tantangan pengelolaan kawasan konservasi di wilayah kerja Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe, kemudian Amenson Girsang, S.P., Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan yang memaparkan tentang pengelolaan kawasan konservasi di wilayah kerja Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dan terakhir Herbert B.P. Aritonang, S.Sos, M.H., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat yang menjelaskan tentang proses dan tahapan penyelesaian konflik tenurial di SM Karang Gading dan Langkat Timur Laut dengan pola litigasi dan non litigasi.

Dihari berikutnya, Tim Balai TN. Bukit Tiga Puluh berkeliling ke kawasan SM. Karang Gading Langkat Timur Laut untuk melihat secara langsung progress pemulihan ekosistem yang dilakukan melalui kegiatan penegakan hukum dan rehabilitasi kawasan hutan. Dalam rangkaian perjalanan juga menyambangi Desa Jaring Halus yang merupakan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) lahan basah dan desa penyangga kawasan SM Karang Gading Langkat Timur Laut. Di desa ini rombongan bersilaturahmi dengan komunitas masyarakat Ikatan Pemuda Nelayan Jaring Halus (IPANJAR) binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Tidak cukup hanya di situ saja, rombongan Balai TN. Bukit Tiga Puluh juga berkunjung ke  kolam pembesaran Tuntong Laut (Batagur borneoensis) hasil kegiatan patroli penyelamatan telur tuntong laut, yang terletak di SM Karang Gading Langkat Timur Laut di Desa Selotong, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.

34                                   Saat kunjungan ke kolam pembesaran  Tuntong Laut

Dan tempat terakhir yang turut disambangi rombongan adalah areal kemitraan konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara  dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Indah Bersama dalam rangka pemulihan ekosistem serta areal kemitraan konservasi dengan KTH Tumbuh Subur untuk melihat keberhasilan kelompok ini  yang sedang memanen buah semangka.

29                              Rombongan panen semangka dengan KTH Tumbuh Subur

Kunjungan tim Balai TN Bukit Tiga Puluh pun akhirnya berakhir sudah, besar harapan informasi dan pengalaman yang diperoleh selama pembelajaran memberi manfaat dan menjadi oleh-oleh yang nantinya dapat dikembangkan, dimodifikasi serta diterapkan di tempat tugas. Selamat jalan kembali  ke TN. Bukit Tiga Puluh……

Sumber : Ainy Amelya Utami Penyuluh Kehutanan BBKSDA Sumatera Utara

%d blogger menyukai ini: