BBKSDA SUMATERA UTARA

Kelompok Tani Huta Dolok, Terima 2 Cultivator Bantuan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

1.jpg     Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung menyerahkan bantuan Cultivator kepada Kelompok Tani Huta Dolok

Rahut Bosi, 18 Oktober 2021

Rona ceria dan bahagia terpancar dari wajah pengurus serta anggota Kelompok Tani Huta Dolok di Desa Rahut Bosi, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara. Hari yang ditunggu-tunggu itu pun tiba, hari itu tepatnya Jumat 15 Oktober 2021, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar dan Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, menyerahkan bantuan cultivator sebanyak 2 (dua) unit kepada Kelompok Tani Huta Dolok.

Bantuan yang diserahkan langsung oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar Seno Pramudito, S.Hut., M.E. didamping Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung Manigor Lumbantoruan, S.Hut. beserta staf, merupakan bagian dari kegiatan fasilitasi pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi, khususnya kawasan Cagar Alam (CA.) Dolok Saut. Sedangkan Kelompok Tani Huta Dolok penerima bantuan, merupakan salah satu kelompok binaan dari Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung.

Cultivator ini merupakan peralatan kerja bagi masyarakat yang mata pencaharian utamanya adalah bertani. Setelah menjalani proses pendampingan dari petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, masyarakat menyampaikan keinginan mereka mendapatkan bantuan alat tersebut untuk mendukung kegiatan usaha pertanian yang mereka kelola.

2.jpgKepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar menyampaikan sambutan dan harapannya setelah penyerahan bantuan

 Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar dalam sambutannya pada penyerahan bantuan tersebut, mengharapkan agar bantuan yang  diberikan Balai Besar KSDA Sumatera Utara ini, dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggota Kelompok Tani Huta Dolok pada khususnya dan masyarakat Desa Rahut Bosi pada umumnya

“Selain itu, kami juga mengajak bapak/ibu pengurus dan anggota Kelompok Tani Huta Dolok, mari kita bersama-sama menjaga dan melindungi kawasan konservasi Cagar Alam Dolok Saut. Kelestarian kawasan ini menjadi tanggung jawab kita bersama demi masa depan anak cucu kita,” ujar Seno Pramudito.

Pengurus maupun anggota Kelompok Tani Huta Dolok melalui ketua kelompok, Marhasan Gultom, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar atas bantuan yang diberikan kepada mereka, sembari berjanji turut mendukung upaya perlindungan dan pelestarian kawasan Cagar Alam Dolok Saut, karena kawasan konservasi ini berbatasan langsung dengan Desa Rahut Bosi.

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut., Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: