BBKSDA SUMATERA UTARA

BBKSDA Sumut lepasliar Trenggiling Yang Diamankan Warga Simalungun

Abdi Manahara Damanik, warga Desa Karangsari, Simalungun menyerahkan trenggiling kepada petugas Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar

Karangsari, 21 September 2021

Trenggiling (Manis javanica) kembali memasuki pemukiman warga. Kali ini satwa pemakan serangga ini menyambangi Desa Karangsari, Kabupaten Simalungun. Kehadiran satwa bersisik ini mengusik perhatian warga, Abdi Manahara Damanik, yang berhasil mengamankannya. Sempat diamankan selama 1 hari di rumahnya, kemudian Abdi Manahara menyadari bahwa satwa tersebut dilindungi. Kemudian pada Jumat 17 September 2021, Abdi Manahara, melaporkannya kepada petugas Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar.

Setelah menerima laporan, pada saat itu juga petugas Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar segera menuju lokasi dan mengevakuasi  1 individu trenggiling. Dari hasil pemeriksaan kondisi fisik, terlihat  trenggiling dalam keadaan sehat dan layak untuk dilepasliarkan.  Atas pertimbangan itu, tim kemudian melakukan pelepasliaran di Hutan Lindung Aek Nauli. Besar harapan  dengan pelepasliaran ini nantinya trenggiling yang termasuk dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, diharapkan dapat hidup dan beradaptasi dengan habitat alaminya, sehingga dapat berkembangbiak dengan baik.

Sumber : Evansus Renandi Manalu, Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

%d blogger menyukai ini: