BBKSDA SUMATERA UTARA

Balai Besar KSDA Sumatera Utara Bangun Kesepakatan Bersama Dengan Pokdarwis Dalam Pengembangan TWA Sibolangit

Suasana pembahasan kesepakatan pengembangan TWA Sibolangit dengan Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri

Sibolangit, 16 Juli 2021

 Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit terus berbenah. Demikian juga dengan pihak pengelola yang terus berinovasi mencari model-model pengembangan kawasan untuk lebih baik dan bermanfaat lagi. Seperti baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 9 Juli 2021 yang lalu, dalam rangka road to HKAN 2021, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dan Resort TWA./CA. Sibolangit menyelenggarakan kegiatan pembinaan kepada 20 (dua puluh) orang anggota Kelompok  Sadar Wisata (Pokdarwis)  Wisata Alam Sibolangit Berseri (WASB) di kawasan TWA Sibolangit.

Kegiatan pembinaan dimaksudkan untuk membahas kesepakatan dalam pengelolaan wisata alam di TWA. Sibolangit  kedepannya. Bahwa Pokdarwis WASB telah diakui dan disahkan keberadaannya oleh Dinas Kepemudaaan , Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Deli Serdang melalui Keputusan Nomor 1472 Tahun 2017 tanggal 4 Oktober 2017, serta  aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan khususnya pengembangan wisata alam dan budaya baik di tingkat lokal maupun tingkat nasional.  

Untuk itu, tahun ini diharapkan lebih meningkat lagi peran aktifnya dalam pengelolaan wisata alam guna mewujudkan Desa Wisata Tahun 2022,  yang merupakan salah satu program dari Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang. Pertemuan yang dihadiri Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. dan Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., mencapai beberapa kesepakatan, diantaranya bahwa sebagian masyarakat Desa Sibolangit memiliki ketergantungan terhadap potensi wisata alam  TWA Sibolangit berupa jasa lingkungan wisata alam, dan Pokdarwis WASB akan memberikan dukungan pengelolaan TWA Sibolangit dengan menjaga kelestarian kawasan melalui pengembangan wisata alam yang berbasis edukasi konservasi lingkungan.

Sementara itu Balai Besar KSDA Sumatera Utara akan memberikan akses pemanfaatan jasa lingkungan wisata alam di TWA Sibolangit sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, untuk dapat dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan  kesejahteraan masyarakat sekitar hutan khususnya di Desa Sibolangit. Balai Besar KSDA Sumatera Utara juga melakukan pendampingan dalam rangka pemberdayaan dan penguatan kapasitas anggota Pokdarwis Sibolangit Berseri.

Foto bersama usai merumuskan kesepakatan

Akhirnya, Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Pokdarwis WASB bersepakat untuk membangun rasa saling percaya dalam pengelolaan wisata alam di TWA Sibolangit guna tercapainya kesejahteraan masyarakat Desa Sibolangit dan kelestarian TWA Sibolangit.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara

%d blogger menyukai ini: