BBKSDA SUMATERA UTARA

BERUANG MADU BERHASIL DIEVAKUASI OLEH BBKSDA SUMUT

Beruang madu berhasil dievakuasi oleh BBKSDA Sumut

Medan, 27 Mei 2021.

Pada Hari Kamis, 20 Mei 2021, kembali Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung Bidang KSDA Wilayah II Pematang Siantar menerima informasi bahwa terdapat masyarakat yang akan menyerahkan satwa liar jenis beruang madu (Helarctos malayanus). Informasi tersebut, segera ditindaklanjuti oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung Manigor Lumbantoruan, S.P bersama Yayasan Scorpion bergerak menuju lokasi.

Beruang madu tersebut berjenis kelamin betina tinggi ±1 meter, berat ±50 Kg dan  sudah dipelihara selama 12 tahun. Melihat kondisi satwa tersebut, diperlukan bius dalam proses evakuasinya. Pada saat itu tim tidak membawa dokter hewan beserta peralatan bius kemudian evakuasi dilanjutkan esok harinya.

Keesokan harinya Jumat, 21 Mei 2021, Tim Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung bersama Yayasan Scorpion dan Sumatran Orangutan Conservation Program – Yayasan Ekosistem Lestari (SOCP-YEL) melakukan evakuasi. Sebelum dipindahkan ke kandang transit, dilakukan pembiusan sebanyak 2 tahap, kemudian dievakuasi ke kandang transit. Setelah beruang sadar dan kemudian dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di Sibolangit untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan dan perawatan lebih lanjut oleh dokter hewan PPS Sibolangit.

(Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, Balai Besar KSDA Sumatera Utara)

%d blogger menyukai ini: