BBKSDA SUMATERA UTARA

Pokdarwis Binaan Balai Besar KSDA Sumut Raih Penghargaan

12.jpgPokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri menerima penghargaan Pokdarwis Mandiri dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang.

Sibolangit, 14 April 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Sibolangit Berseri yang merupakan binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, sebagai bagian dari kegiatan pembinaan masyarakat di sekitar kawasan untuk mendukung promosi wisata di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, meraih dan menerima penghargaan sebagai terbaik ketiga kategori Pokdarwis Mandiri, hasil dari evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, pada Jumat 9 April 2021, di Horison Hotel Sky Kualanamu.

Pemberian apresiasi ini dilaksanakan dalam kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pokdarwis. Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri meraih prestasi setelah bersaing dengan 20 pokdarwis lainnya yang mengikuti kegiatan dimaksud. Adapun rangkaian acara yang diikuti pada even yang berlangsung selama 4 (empat) hari tersebut, dari tanggal 6 s.d 9 April 2021, adalah pembinaan dari pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang serta Ketua Himpunan Pramu wisata  Sumut sekaligus pelaku wisata, kemudian presentasi kegiatan pokdarwis di hadapan tim penilai dan penampilan atraksi budaya berupa tari Tiga Sibolangit.

Keberadaan Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri yang mulai berdiri pada tahun 2017, selama ini sangat mendukung terhadap upaya pelestarian dan promosi kawasan TWA Sibolangit. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Sumatera Utara aktif diikuti oleh pokdarwis ini, seperti : peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN), Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Bumi, dan juga 9Th Indonesia Climate Change Forum Expo. Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri mampu memadukan/mensinergikan promosi wisata alam dengan budaya daerah/lokal.

Dengan penghargaan tersebut, diharapkan Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri semakin giat lagi berbuat dan berkarya, sehingga nantinya  bisa menjadi role model sekaligus sebagai inspirasi bagi pokdarwis lainnya. Selamat buat Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit Berseri (Sumber : Samuel Siahaan, SP./PEH Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara).

 

 

%d blogger menyukai ini: