BBKSDA SUMATERA UTARA

BBKSDA SUMUT LAKSANAKAN BINA CINTA ALAM DAN PENYULUHAN KSDA KEPADA MAPALA GENETIKA UISU

1.jpgPenyampaian materi Bina Cinta Alam kepada Mapala Genetika UISU

Salah Satu tugas Balai Besar  Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara dalam menyelenggarakan fungsinya adalah pengembangan bina cinta alam serta penyuluhan konservasi sumberdaya alam dan ekosistemnya;

Implementasi sebagaimana tugas tersebut di atas, dalam Rangka Road To HKAN 2021 pada tanggal  5 April 2021 bertempat di Ruang  Sekretariat Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala)  Gedung Johor Medan, Generasi Pencinta Kelestarian Alam Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara ( Genetika FP UISU ) dengan Suasana yang penuh keakraban  dilaksanakan Penyuluhan KSDA dengan Judul Materi “Peran serta Mapala dalam Kegiatan Konservasi Sumber Daya Alam’.  Materi yang disampaikan Ida Marini dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara sebagai bekal kepada setiap pengurus baru dan anggota lainya yang sering  melaksanakan kegiatan Alam Bebas yang berhubungan erat  dengan kegiatan konservasi.

Sejak berdirinya  Mapala Genetika FP UISU tanggal  12 Januari 1978 lalu sampai sekarang yang sudah angkatan ke 30  telah berjumlah lebih kurang 350 Orang sebagai anggotanya. Yang mana spesialisasi  Mapala Ini kegiatan .Mountainering,  Rock Climbing,  Survival,  Navigasi,  Caving dan Rafting. Balai Besar KSDA Sumatera sebagai mitra bina cinta alam terus mendorong Mapala Genetika untuk aktif melaksanakan kegiatan Konservasi kedepanannya disamping kgiatan rutin Mapala. Mapala Genetika FP UISU diluar kampus memilih di Taman Wisata Alam Sibolangit sebagai Salah satu lokasi kegiatan Konservasi. Selalu berperan mengikuti acara peringatan Hari Konservasi dan Lingkungan Hidup, Pananaman Pohon di lereng terjal, Edukasi konservasi dan Lngkungan.

Ida Marni sebagai Pemateri Sekaligus Pembina yang didampingi Samuel Siahaan dan dihadiri Pengurus dan Anggota Mapala  Wiria Dana ( Ketua Genetika), T. Bangun Saputra, M.Riza Firmansyah, Nurhabli Ridwan. Menyatakan perlunya Konservasi dalam setiap aktifitas Mapala Genetika didalam dan diuar Kampus. Jadikan Konservasi kedepannya sebagai salah satu pekerjaan yang bermanfaat. Senada disampaikan Samuel Siahaan laksanakan kegiatan Konservasi sekreatif mungkin, dengan demikian akan banyak jalan dan peluang berperan serta dalam kegiatan konservasi serta selalu mengkoordinasikan kegiatan Kepencitalaman kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara serta stake Holder lainnya guna mandapat dukungan yang luas.

(Ida Marni dan Samuel Siahaan-BBKSDASUMUT).

 

 

 

%d blogger menyukai ini: