BBKSDA SUMATERA UTARA

BBKSDA SUMUT EVAKUASI LUTUNG KELABU

Untitled.png          Lutung Kelabu (Trachypithecus cristatus) kiri, Evakuasi lutung kelabu oleh Petugas Resort Belawan – BBKSDA Sumut, kanan.

Medan, 13 April 2021

Senin, 12 April 2021, Balai Besar KSDA Sumatera Utara menerima informasi dari masyarakat tentang adanya Lutung Kelabu (Trachypithecus cristatus) berjenis kelamin betina sebanyak 1 (satu) ekor yang terikat rantai di pinggir Jalan Asrama Helvetia, Medan. Dengan cepat, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Belawan bersama lembaga mitra kerjasama Scorpion bergerak menuju lokasi untuk melakukan pengecekan dan penyelamatan satwa.

Sampai di lokasi, informasi yang didapatkan bahwa pemilik satwa adalah R.T Limbong Menurut yang bersangkutan Lutung Kelabu didapatkan dari saudaranya. Satwa tersebut ditangkap di kebun sekitar 2 minggu yang lalu di daerah Percut, Deli Serdang.

Sampai lokasi Tim BBKSDA Sumut dan Scorpion langsung membuka rantai dan mengevakuasi lutung kelabu ke kandang transit. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terlihat kondisi lutung lemas dan ada katarak di matanya yang menyebabkan penglihatan lutung terganggu sehingga tidak terlalu agresif.

Proses selanjutnya, lutung kelabu tersebut dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk mendapat pemeriksaan dan perawatan kesehatan oleh dokter hewan. Harapannya satwa ini dapat kembali sehat dan liar sehigga dapat dilepasliarkan  ke habitat alaminya bila sudah sehat dan layak sesuai dengan rekomendasi dokter hewan. (Joni A, Pasaribu Balai Besar KSDA Sumatera Utara)

%d blogger menyukai ini: