BBKSDA SUMATERA UTARA

BBKSDA SUMUT TERIMA ELANG DARI KOMUNITAS PECINTA ELANG

MEDAN, Senin 8 Maret 2021, BBKSDA Sumatera Utara kembali menerima penyerahan satwa dari Komunitas Pecinta Elang berupa 1 (satu) ekor Elang Black Hawk (Spizaetus tyrannus).  Elang Black Hawk (Spizaetus tyrannus) adalah satwa yang dilindungi sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor : P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar yang dilindungi. Burung Elang ini diserahkan dan langsung diterima oleh Petugas BBKSDA Sumut, Polisi Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ani, S.P.

Sesuai Informasi yang didapatkan, Black Hawk ini diperoleh Komunitas Pecinta Elang dari masyarakat yang berdomisil di Sibolangit. Elang ini awalnya singgah di komplek rumah masyarakat dengan kondisi kaki patah sebelah kiri dan bola mata sebelah kanan terluka. Melihat kondisi seperti ini. Komunitas Pecinta Elang (KPE) merawatnya selama 8 (delapan) bulan hingga kondisinya pulih seperti sekarang ini. Kaki yang terluka terlihat sudah membaik walaupun pincang. Sedangkan luka di bola mata sudah membaik walaupun pada akhirnya burung elang ini buta.

Setelah diserahkan, petugas segera mengevakuasinya ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di Sibolangit untuk dilakukan proses selanjutnya, seperti pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan dan karantina. Harapannya kedepan, semoga semakin banyak masyarakat khususnya generasi muda yang peduli dengan satwa liar sebagai bagian dari keanekargaman hayati bangsa ini. Yang pada akhirnya mewujudkan kelestarian satwa liar dan habitatnya. (Ani, S.P, Polisi Kehutanan Muda BBKSDA SUMUT)

%d blogger menyukai ini: