BBKSDA SUMATERA UTARA

BALAI BESAR KSDA SUMATERA UTARA PERINGATI HPSN 2021

222222222222222222222222.jpgAksi pungut sampah dalam kawasan TWA Sibolangit di HPSN 2021

Sibolangit, 24 Februari 2021

 Balai Besar KSDA Sumatera Utara kembali  memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2021, yang dilaksanakan pada Selasa, 23 Februari 2021 bertempat di kawasan TWA Sibolangit. Peringatan ini dipandang penting mengingat masih adanya masyarakat yang kurang peduli dengan membuang sampah sembarangan di kawasan konservasi, khususnya TWA Sibolangit. Sehingga momen peringatan HPSN dijadikan sebagai edukasi dan awarness guna membangun kepedulian masyarakat.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sampah menjadi masalah lingkungan hidup di Indonesia karena menyangkut hajat hidup orang banyak yang, perlu mendapat perhatian kita bersama untuk menanggulanginya.

Peringatan HPSN tahun ini mengusung tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi Masa Pandemi”, bertujuan untuk pertama,  memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

Tujuan kedua, memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi melalui gerakan memilah sampah, dan tujuan ketiga, memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green business) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

 “Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan sampah ini harus dimulai dari diri sendiri dengan terus menerapkan 3 R (Reduce, Reuse dan Recycle). Kendalikan sampah, jaga lingkungan tetap bersih dan sehat, untuk alam yang lebih baik. Mari kita bersatu dan bertekad untuk kelola sampah bersama-sama,” ujar Hotmauli mengakhiri sambutannya.

Selain dihadiri Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, peringatan HPSN 2021, juga dihadiri Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, SP., Kepala Bidang Teknis Ir. Irzal Azhar, M.Si., Kepala Bidang PSLB3 Erlita Lubis mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Kepala Subbag. Data, Evlap dan Kehumasan BBKSDA Sumut Andoko Hidayat, S.Hut., MP., Kepala Seksi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang Susanto, Sekretaris Camat Kecamatan Sibolangit, perwakilan Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Deli Serdang, Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri, Relawan Kebersihan dan Lingkungan Hidup Deli Serdang, Yayasan Scorpion Indonesia, ISCP, YEL, dan diliput oleh media DAAI TV, Harian Analisa Medan dan beberapa media on-line.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama Runner Up Putra Pariwisata Indonesia 2020 dan Little Miss Earth Indonesia 2021 (kiri), serta penyerahan bantuan tong sampah untuk TWA Sibolangit dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang (kanan)

Peringatan ini juga  menjadi spesial dengan kehadiran duta-duta lingkungan hidup dan pariwisata, yaitu Yoga Arya Pratama (Runner Up 1 Putra Pariwisata Indonesia 2020) dan Bintang Ajanitra Simatupang (Little Miss Earth Indonesia 2021). Kehadiran dua duta terbaik ini menarik perhatian tamu dan undangan, tidak terkecuali Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Adapun rangkaian acara peringatan HPSN yang digelar, yaitu : aksi bersih pungut sampah di sekitar kawasan TWA Sibolangit, penyerahan bantuan tong sampah untuk TWA Sibolangit oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang yang diserahkan Kabid PSLB3 dan diterima Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, sosialisasi pilah dan kelola sampah oleh Kepala Seksi Pengurangan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang, dan hiburan budaya dari Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri.

Peringatan HPSN 2021 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan dan memakai sarung tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Sumber : Evansus Renandi Manalu, Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara).

 

%d blogger menyukai ini: