BBKSDA SUMATERA UTARA

MASYARAKAT SERAHKAN KAKATUA KE BBKSDA SUMATERA UTARA

1111
Penyerahan burung kakatua Maluku ke  Petugas BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 15 Februari 2021

Bermula dari laporan masyarakat pada 9 Februari 2021, Balai Besar KSDA mendapatkan informasi bahwa ada masyarakat di kota Medan yang memelihara 1 (satu) ekor Burung Kakatua Maluku (Cacatua moluccensis). Berdasarkan informasi tersebut,  Polisi Kehutanan (Polhut) dari Balai Besar KSDA Sumut bergerak menuju ke lokasi pada hari itu juga.

Tiba di lokasi, tim memberikan penjelasan kepada pemilik satwa bahwa burung tersebut merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi, sekaligus juga memberikan sosialisasi tentang peraturan perundang-undangan, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/ 12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar Yang Dilindungi.

2222222222.jpgBurung Kakatua Maluku (Cacatua moluccensis)

Setelah mendapatkan penjelasan dari Balai Besar KSDA Sumut, pemilik satwa kemudian menyerahkan burung Kakatua Maluku tersebut secara sukarela kepada petugas. Setelah diserahkan burung kakatua segera dievakuasi dan dititipkan ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk menjalani pemeriksaan kesehatan dan proses rehabilitasi.

(Sumber : Ani, S.P Polisi Kehutanan Muda Balai Besar KSDA Sumatera Utara).

 

 

%d blogger menyukai ini: