BBKSDA SUMATERA UTARA

BERAGAM SATWA LIAR TEREKAM KAMERA TRAP DI KAWASAN SM BARUMUN

Tapir (Tapirus indicus)

Medan, 29 Januari 2021

Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kotapinang, Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidimpuan telah melaksanakan kegiatan pemasangan kamera trap di Kawasan Konservasi SM Barumun, pada tanggal 29 September s.d 10 Oktober 2020 yang lalu. Durasi lamanya kamera trap dipasang selama 2 (dua) bulan. Adapun jumlah kamera trap yang terpasang sebanyak 5 pasang (10 kamera trap), pada 5 Grid (3 x 3 Km).

Kemudian tim mengambil kamera trap dari kawasan pada tanggal 10 s.d 15 Desember 2020. Kamera trap berhasil merekam keberadaan satwa kunci SM Barumun yaitu Harimau Sumatera (Phantera tigris sumatrae), Tapir (Tapirus indicus), dan Beruang (Helarctos malayanus).

Selain satwa kunci tersebut, kamera trap juga berhasil merekam keberadaan satwa lainnya seperto Kucing Emas (Caracal aurata), Macan Dahan (Neofelis nebulosa), Kijang (Muntiacus muntjac), Rusa (Cervidae), Landak (Hystrix sumatrea), Binturong (Arctitis binturong), Monyet (Macaca fasicularis), Musang Pandab (Prinodon linsang), Babi  (Sus, sp), Musang Bulan (Paguma larvata), Burung Kuau (Argusianus argus) dan satwa lainnya.

Salah satu yang menarik adalah Burung Kuau jantan yang tertangkap kamera trap sedang mengepakkan sayapnya yang begitu terlihat indah saat ingin memikat Burung Kuau betina, hal ini terjadi ketika musim kawin.

Kuau Raja Jantan dan Betina terekam kamera trap

Keberadaan satwa-satwa tersebut khususnya satwa kunci di SM Barumun menandakan bahwa ekosistem kawasan konservasi SM Barumun masih baik. Keanekaragaman satwa-satwa tersebut mempunyai peran masing-masing dalam menjaga keseimbangan ekosistem di alam. Semoga dengan tindakan dan langkah yang tepat dalam pengelolaan kawasan di SM Barumun mempengaruhi dalam pelestarian satwa-satwa tersebut.

(Sumber :Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidimpuan)

%d blogger menyukai ini: