BBKSDA SUMATERA UTARA

POKDARWIS WARAS NASUBA KEMBANGKAN WISATA EDUKASI BUNGA BANGKAI DI SUMATERA UTARA

Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum) yang mekar pada 8 Juni 2020 lalu (gbr. kiri) di lokasi pengembangan wisata Pokdarwis Waras Nasuba (gbr. kanan)

Sibolangit, 25 Januari 2021

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alamta Ras Nasuba (Waras-Nasuba) resmi terbentuk di Kabupaten Deli Serdang yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Pengakuan Kelompok Sadar Wisata dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten  Deli Serdang, pada Kamis 21 Januari 2021, bertempat di Jambur Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru-biru. SK tersebut diserahkan Kepala Bidang  Kepariwisataan, Sarana dan Prasarana Bapak Ahmad Turmuzi S.STP. mewakili Kepala Dinas, didampingi Kasi.Pembinaan Usaha Pariwisata Bapak Rijal Ardiman Simatupang,SE serta Samuel Siahaan, SP dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Uniknya, Pokdarwis ini terbentuk di saat mekarnya Bunga Bangkai Raksasa (Amorphallus titanum) pada tanggal 8 Juni 2020 lalu di Desa tersebut, ujar Samuel Siahaan dalam sambutannya. Peristiwa ini mendorong dan menginspirasi petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk memotivasi masyarakat membentuk kelompok wisata yang nantinya dapat mengurus habitat serta konservasi bunga bangkai, mengingat tumbuhan ini termasuk jenis yang dilindungi undang-undang.

“Peran Balai Besar KSDA Sumatera dalam hal ini adalah memantau dan menjaga keberadaan bunga bangkai tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya., Disamping itu mendorong peranserta warga dengan pembentukan kelompok sadar wisata untuk dikembangkan sebagai wisata desa,” ujar Samuel Siahaan.

Atas dasar itulah, pada akhir Juni 2020 masyarakat sepakat membentuk Pokdarwis Waras Nasuba, dengan bunga bangkai yang mekar dijadikan sebagai logo. Kemudian dengan pendampingan yang intens dari petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara, mengarahkan Pokdarwis ini  untuk mendapatkan legalitas/pengesahan dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten  Deli Serdang selaku Pembina Teknis, sebagai organisasi/lembaga wisata yang resmi dan terdaftar.

1.3.jpgKepala Bidang  Kepariwisataan, Sarana dan Prasarana Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten  Deli Serdang, Ahmad Turmuzi S.STP menyerahkan SK Pokdarwis Kepada Ketua Pokdakwis Wisata Alamta Ras (WARAS) NASUBA Esron Tarigan.

Dalam arahannya Kabid Sarana dan Prasarana menekankan kepada Pokdarwis agar membangun dan mengembangkan  wisata desa dengan semangat serta menjadikan sektor wisata kedepannya menjadi salah satu penggerak ekonomi dan pembangunan desa, ujar Ahmad Turmuzi, S.STP.

Hal senada juga disampaikan Kasi Pembinaan Usaha Pariwisata, bahwa pengembangan lokasi wisata sebaiknya sesuai potensi yang ada dan khas, dengan menata lokasi wisata yang aman, bersih, tertib, sejuk, indah, ramah serta memberi kenangan yang mengesankan,  ujar Rijal Ardiman Simatupang,SE .

Sekedar informasi, baru-baru ini lokasi  Pokdarwis telah  dikunjungi oleh tim LIPI Konservasi Tumbuhan dari Kebun Raya Bogor, atas dedikasi kelompok yang tetap setia menjaga kelangsungan habitat bunga bangkai. Dan terakhir juga dikunjungi Bapak Paris Sembiring, penerima Kalpataru serta Kader Konservasi Terbaik Nasional dari Sumatera Utara, yang memberi semangat kepada Kelompok Sadar Wisata.

 

Ketua Pokdarwis, Esron Tarigan, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang tetap setia membantu pendampingan  dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten  Deli Serdang maupun dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Samuel Siahaan, SP./PEH Pertama, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit-BBKSDA Sumut) .

 

 

 

%d blogger menyukai ini: