BBKSDA SUMATERA UTARA

DIRJEN KSDAE KUNJUNGI OU HAVEN, SUMATERA UTARA

  1.1 1.2.jpgDirjen KSDAE menyerahkan penghargaan kepada Ian Singleton (gbr. kiri) dan foto bersama usai pembuatan pesan-pesan konservasi (gbr. kanan)

Medan, 8 Desember 2020

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Ir. Wiratno, M.Sc. beserta ibu, Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE Ir. Tandya Tjahjana, M.Si. beserta ibu, dan sejumlah pejabat eselon III serta IV di lingkungan Sekretariat Ditjen KSDAE, melakukan kunjungan kerja ke calon lembaga konservasi Orangutan Haven, yang terletak di Desa Bintang Meriah, Kabupaten Deli Serdang, pada Minggu, 6 Desember 2020.

Di lokasi, rombongan disambut pihak pengelola Orangutan Haven, Ian Singleton dan Ir. Suheri. Dirjen KSDAE menerima penjelasan tentang rencana pengelolaan calon lembaga konservasi yang luasnya sekitar 20 ha.  Di lokasi tersebut akan dibangun fasilitas berupa kandang satwa, khususnya satwa Orangutan Sumatera dan burung-burung, areal pertanian organik, sekolah alam, restoran serta spot-spot untuk wisata.

Dirjen, Sekditjen beserta tamu juga berkenan menanam pohon di sekitar lokasi areal Orangutan Haven. Dirjen mengapresiasi dan mendukung rencana pengelolaan Orangutan Haven yang nantinya akan menjadi lembaga konservasi. Dalam pesan-pesan konservasinya Dirjen KSDAE menuliskan : “Penghargaan buat inisiator Orangutan Haven, Ian Singleton dan tim Orangutan Haven yang memikirkan menjadi pembela satwa liar terutama Orangutan. Manusia bukan penguasa di bumi, dia hanya salah satu tamunya”

Sementara itu Setditjen KSDAE dalam pesan konservasinya menuliskan : “Luar biasa, disuasana pandemi COVID-19 Tim Orangutan Haven tetap peduli konservasi Orangutan di bumi Indonesia. Selamat atas inisiasinya.”

Di akhir kunjungan Dirjen KSDAE memberikan piagam penghargaan kepada Ian Singleton atas peran aktifnya sebagai peneliti dan pegiat Orangutan Sumatera sejak tahun 1996 sampai dengan 2020. “Saya memberi penghargaan kepada siapa saja yang mendukung konservasi satwa dan lingkungan. Tidak banyak orang-orang terpilih di dunia ini dan hanya sedikit holy man di sekitar kita. Ian salah satu orang yang konsisten bagi pelestarian Orangutan,” ujar Wiratno.

  1.3.jpg   1.4Dirjen KSDA sedang menanam pohon (gbr. kiri) dan Setditjen KSDAE juga melakukan penanaman pohon di areal Orangutan Haven (gbr. kanan)

Dalam kunjungan ini, Dirjen KSDAE dan rombongan didampingi Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Ir. Jefry Susyafrianto, MM., Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis Ir. Sahdin Zunaidi Siregar, M.Si., Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Sumatera Utara Ir. Irzal Azhar, M.Si., Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar KSDA Sumatera Utara Teguh Setiawan, S.Hut., MM., Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, SP. dan pejabat eselon IV lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara. (Evansus Renandi Manalu, Analis Data pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara)

 

%d blogger menyukai ini: