BBKSDA SUMATERA UTARA

PELEPASLIARAN ELANG BONDOL OLEH BBKSDA SUMUT DI PANDAN SUMATERA UTARA

1.1.jpg 1.2.jpg   Gambar Pelepasliaran Elang Bondol oleh BBKSDA Sumut di Pantai Kalangan, Pandan

Pandan, 18 November 2020

Senin, 16 November 2020 yang lalu Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah III Padang Sidempuan melakukan pelepasliaran seekor Elang Bondol (Haliastur indus) bekerjasama dengan Yayasan Scorpion Indonesia. Satwa ini sebelumnya merupakan hasil penyerahan masyarakat Desa Aek Pining Kecamatan Batang Toru pada bulan september lalu dan dititipkan di Kantor Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok. Selama kurang lebih 1 bulan satwa ini dirawat oleh petugas dan diawasi langsung oleh dokter hewan BBKSDA Sumatera Utara.

Hasil pemeriksaan dokter hewan menyimpulkan bahwa kondisi satwa sudah pulih dan layak untuk dilepasliarkan kembali ke alam. Dari hasil rapat yang dilakukan oleh Tim, disepakati bahwa tepi laut, hutan mangrove dan muara sungai menjadi habitat terbaik untuk elang bondol,  oleh karena itu Pantai Kalangan Pandan, Kabupaten Tapabuli Tengah menjadi lokasi yang dipilih untuk dilakukan pelepasliaran satwa tersebut ke alam.

Elang Bondol dilepasliarkan oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padang Sidempuan Gunawan Alza, S.Hut dengan Yayasan Scorpion Indonesia disaksikan Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok beserta staf. Satwa tersebut dilepaskan dengan harapan dapat kembali hidup dan beradaptasi dengan alamnya (Bidang Konservasi Wilayah III, Padang Sidempuan).

 

%d blogger menyukai ini: