BBKSDA SUMATERA UTARA

WARGA BATANG TORU SERAHKAN BURUNG DILINDUNGI KE BALAI BESAR KSDA SUMUT

Burung 24-9-20
2 (dua) ekor burung dilindungi diserahkan warga kepada petugas

Batang Toru, 25 September 2020

Bermula pada Selasa, 22 September 2020, Tim Patroli Bidang Konservasi Wilayah III Balai Besar KSDA Sumatera Utara bekerjasama dengan Yayasan Scorpion Indonesia melakukan kegiatan rutin patroli pengawasan tumbuhan dan satwa liar (TSL) di Batang Toru dan sekitarnya. Patroli ini dilakukan untuk memantau dan mengetahui sebaran tumbuhan dan satwa liar dilindungi di luar kawasan konservasi.

Pada patroli tersebut, petugas menemukan 2 (dua) jenis satwa burung di salah satu tempat/warung makan di daerah Batang Toru, tepatnya di Desa Aek Pining, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan. Dari hasil identifikasi petugas, jenis burung tersebut adalah Elang Brontok dan Nuri Maluku. Kedua jenis burung ini  adalah jenis satwa dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri LHK No. P.92 MENLHK/SETJEN/KUM.1/8/2018.

Melihat temuan 2 jenis burung, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara mencoba memberikan edukasi (pendidikan/penyuluhan) dan penyadaran mengenai satwa dilindungi kepada pemilik satwa. Akhirnya setelah pemilik satwa paham dan mengerti, pemilik dengan sukarela menyerahkan kedua satwa burung tersebut kepada petugas.

Petugas Burung 24-9-20
Petugas memberikan penyuluhan kepada pemilik satwa

Setelah diserahkan, petugas segera mengevakuasi satwa tersebut ke kantor Seksi Wilayah Wilayah V Sipirok untuk pemeriksaan kondisi kesehatannya sebelum nantinya dilepasliarkan kembali. (Sumber : Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan).

 

 

 

 

 

 

%d blogger menyukai ini: