BBKSDA SUMATERA UTARA

KANTOR BBKSDA SUMATERA UTARA RUSAK DITIMPA POHON KAPUK

Pohon Kapuk
Pohon kapuk roboh menimpa Kantor BBKSDA Sumut

Medan 25 September 2020

Hari itu, Rabu 23 September 2020 sekitar pukul 13.30, bermula dari adanya getaran-getaran kecil yang makin lama makin kuat. Suasana yang mencekam ini membuat pegawai yang berada di ruangan hanya terdiam dan saling menatap antar teman. Semakin lama getaran itu makin kuat membuat pegawai dan tamu panik dan berhamburan lari keluar dari ruangan menuju pintu keluar. Tak lama kemudian buarrr,,,!!! Seketika itu juga, pohon kapuk yang berada dekat kantor BBKSDA Sumut tumbang jatuh menimpa sebahagian sisi depan kantor. Kerusakan tidak hanya disitu saja, plavon di koridor ada yang ambruk. Kondisi alam masih belum bersahabat. Hujan deras, angin disertai petir yang saling menyahut bergantian membuat keadaan semakin mengkhawatirkan dan pegawai BBKSDA Sumut berlarian menuju tempat yang aman.

Akhirnya cuaca juga mulai nampak bersahabat kembali. Hari itu, hujan, angin disertai petir terus bersahutan sekitar pukul 15.00 mulai mereda dan berhenti.  Menatap keluar ternyata ada 1 (satu) pohon besar dengan dua cabang jenis kapuk randu (Ceiba pentandra) roboh menimpa kantor BBKSDA Sumatera Utara. Pohon Kapuk randu tumbang tepat pada akarnya. Pohon randu ini ditanam sekitar tahun 1990 dan sudah mencapai tinggi pohon ± 20 meter.

kapuk 1
Pohon kapuk randu tumbang tepat pada akarnya (gambar kiri) dan
roboh menimpa kantor BBKSDA Sumut

Setelah pohon roboh, terlihat kendaraan dinas Kepala Balai Besar KSDA Sumut dan Ruangan Subbag Program dan Kerja sama dalam kondisi rusak parah.

kapuk 2
Kondisi kendaraan dinas Kepala BBKSDA Sumatera Utara (gambar kiri) dan
 ruangan subbag program dan kerja sama rusak parah (gambar kanan)

Sampai pada sore hari tampak pegawai Balai Besar KSDA Sumatera Utara dibantu petugas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan terlihat sibuk membersihkan pohon-pohon dan ruangan yang terkena dampak. Kerusakan hanya pada fisik bangunan dan kendaraan dan tidak ada korban jiwa. Seluruh pegawai mengucap syukur karena terhindar dari malapetaka (Inggrid R Tarihoran, S.Hut, Penyuluh Kehutanan Balai KSDA Sumatera Utara)

%d blogger menyukai ini: