BBKSDA SUMATERA UTARA

PENDIDIKAN KONSERVASI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 PARANGINAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

SMP Negri 1
Peserta Pendidikan Konservasi Lingkungan SMP Negeri 3 Paranginan, kabupaten Humbang Hasundutan

Tarutung, 18 September 2020,

Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung Bidang KSDA Wilayah II melaksanakan kegiatan pendidikan konservasi kepada 20 orang pelajar yang dipilih dari kelas VII di SMP Negeri 3 Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan pada Rabu 16 September 2020. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus mengenalkan pentingnya hutan,kawasan hutan, konservasi dan jenis satwa liar yang dilindungi.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Paranginan Paiyan Sinaga, S.Pd, M.Si, menyampaikan bahwa mereka menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap Balai Besar KSDA Sumatera Utara lebih lanjut bekerja sama dalam pembuatan hutan mini melihat kondisi sekolah memiliki luasan 1 Ha yang belum ada tanaman.

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi dan diselingi bermain games tebak gerakan, memasangkan satwa dan namanya serta kuis. Selain itu, juga dilakukan post test atau tes singkat terkait dengan materi yang telah disampaikan. Kegiatan diakhiri dengan melakukan aksi bersih pungut sampah di sekitar lingkungan sekolah dan juga penanaman bibit tanaman berjenis mahoni, surian, durian, mangga dan alpukat.

Dengan adanya kegiatan Pendidikan Konservasi ke sekolah-sekolah tentu menjadi salah satu cara untuk menyadartaukan pentingnya hutan dan ekosistem bagi generasi muda agar kualitas hidup generasi mendatang tetap terjaga. (Hafsah Purwasih, S.Hut Penyuluh Kehutanan Pertama Balai Besar KSDA Sumatera Utara)

%d blogger menyukai ini: