BBKSDA SUMATERA UTARA

WARGA SERAHKAN KUKANG KE BALAI BESAR KSDA SUMATERA UTARA

Kukang 1
Irwansyah saat menyerahkan Kukang, yang diterima Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan, Amenson Girsang, SP.

Medan, 15 Juli 2020

      Bermula pada Jumat, 10 Juli 2020, Balai Besar KSDA Sumatera Utara merima informasi dari masyarakat tentang adanya warga yang akan menyerahkan kukang. Informasi  kemudian ditindaklanjuti, pada Sabtu 11 Juli 2020, dengan mendatangi kediaman warga tersebut. Adalah Irwansyah, warga Jl. Pusaka Pasar 13 Bandar Kalipa, Kabupaten Deli Serdang, yang menyerahkan 1 ekor Kukang (Nycticebus coucang) dan diterima langsung oleh Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Amenson Girsang, SP.

      Irwansyah dalam keterangannya kepada petugas menyebutkan, Kukang diperolehnya sekitar bulan Maret 2020, ketika satwa tersebut berada diatas pohon nangka yang berada  di halaman rumahnya. Saat itu dia tidak mengetahui bahwa Kukang merupakan salah satu satwa yang dilindungi. Namun setelah mendapat informasi dari warga lainnya, segera Irwansyah menghubungi Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk menyerahkan satwa tersebut.

      Kukang yang dalam kondisi kurus dan tidak terawat,selanjutnya dititipkan ke Yayasan Program Konservasi Spesies Indonesia (YPKSI) di Desa Rumah Pilpil, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang untuk dilakukan rehabilitasi, setelah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. (Amenson Girsang, SP. Kasie P3).

kukang 2
Kukang saat direhabilitasi di lokasi YPKSI di Desa Rumah Pilpil Sibolangit

 

%d blogger menyukai ini: