BBKSDA SUMATERA UTARA

KEMAH IMAN MTs Alwasliyah Paya Bakung-Hamparan Perak di TWA Sibolangit SUMUT

5
Kemah iman di TWA. Sibolangit

Sibolangit, 24 Februari 2020

Pada Senin, 17 Februari 2020 dini hari pukul 02.00 Wib, 52 siswa/i MTs Alwasliyah Paya Bakung-Hamparak Perak melakukan kemah iman dengan Tema “Menghayati Alam beserta Isinya”. Didampingiguru dari sekolah, Dicco Tamara,  S.Pd, Nur Dwi Ningsih, S.Pd dan M. Fitra Aulia, S.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan persiapan api unggun, penyiapan tempat, serta ucapan selamat datang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Kawasan TWA. Sibolangit untuk penambahan pengetahuan peserta sebelum memasuki kawasan.

Setelah persiapan, peserta menunaikah shalat subuh kemudian dilanjutkan dengan aktivitas menyongsong Fajar yang merupakan salah satu acara inti. Peserta diajak merasakan perubahan suasana di hutan dari malam (gelap) ke siang (terang) dan ingin tahu bagaimana mahluk hidup di dalam hutan menyongsong fajar di pagi hari. Disini juga Peserta diajak merenungkan alam yang telah memberi sejuta manfaat bagi kehidupan mahluk hidup serta  bagi manusia dengan duduk dilantai hutan. Aktfitas  dilanjutkan dengan olahraga pagi berupa lari dan senam untuk melatih generasi muda yang tangguh, kuat dan sehat saat ini dan masa mendatang.

Sesaat Istirahat Pukul 09.00 Wib dilanjutkan Eksplorasi TWA Sibolangit . Eksplorasi TWA Sibolangit merupakan salah satu cara untuk mengetahui potensi keanekaragaman jenis tumbuhan (Flora) dan Satwa ( Fauna), serta Potensi lainnya juga  untuk mengamati Fungsi Manfaat Hutan TWA Sibolangit bagi kehidupan sekitarnya.

Eksplorasi TWA Sibolangit dbagi 3 Kelompok dijalur Interpretasi dan dipandu langsung Petugas Resort. Setiap Kelompok  mencatat, gambar  serta memvideo  hasil yang diperoleh. Hasil Video nanti menjadi video Dokumenter masing-masing kelompok. Tidak terlewatkan juga mengunjungi Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit yang masih berada di TWA Sibolangit untuk mengetahui berbagai Jenis Satwa dilindungi dan Upaya Penyelamatan satwa.

6
Peserta menyusuri jalur interprestasi TWA. Sibolangit dan penyerahan buku konservasi kepada peserta.

Dilanjutkan dengan  Sharing Besar/Persentasi 3 Kelompok. Persentasi Kelompok  dilakukan untuk menjelaskan  kembali pengalaman selama mengikuti setiap tahapan kegiatan dari awal sampai selesai sehingga peserta  Kemah Iman memahmai Alam beserta Isinya. Sebelum berakhir, Kepala Resort memberikan Buku –Buku Konservasi, Stiker  dan Buletin Beo Nias Kepada siswa dan Guru untuk mehamai Informasi tentang Konservasi. (Samuel siahaan/PEH Pertama BBKSDA SUMUT)

%d blogger menyukai ini: